top of page

Selamat Ulang Tahun ke-10 Android


PT BESTPROFIT - Boleh jadi smartphone yang kamu genggam saat ini mengusung sistem operasi (OS) Android. Nah, tahukah kamu kalau Android baru berulang tahun ke-10?

Android, sistem operasi besutan Google, sebenarnya diperkenalkan pada tahun 2007. Tapi baru pada tanggal 23 September 2008-lah Android resmi lahir seiring dengan pengumuman rilis perangkat komersial pertama berbasis OS tersebut.

Menilik sejarahnya, sistem operasi ini pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc. Kisah itu bermula pada Oktober 2003, ketika kuartet Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White mendirikan Android Inc. di Palo Alto, California. BESTPROFIT

Tujuan awal Android Inc. ini sebenarnya justru mengembangkan sebuah sistem operasi canggih buat kamera digital. Hal itu pula yang menjadi "jualan" awal mereka ke para investor pada April 2004. BEST PROFIT

Baru lima bulan kemudian Android Inc. merasa pasar kamera digital kurang cukup besar buat mewadahi ambisi mereka. Android Inc. pun mengalihkan fokusnya: Android sebagai sistem operasi untuk menyaingi Symbian dan Microsoft Windows Mobile -- yang mendominasi era tersebut. PT BEST PROFIT

Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dengan nilai yang kabarnya mencapai USD 50 juta. Proses pengembangaan, dengan dipimpin Rubin, terus dilakukan dalam membidani kelahiran Android.

Pada 5 November 2007, Google secara resmi mengumumkan sistem operasi Android. Setelah spekulasi panjang, pada 23 September 2008 meluncurlah HTC Dream, atau dikenal juga dengan T-Mobile G1. Tanggal inilah yang lantas "disepakati" untuk menandai hari lahirnya Android, versi modifikasi dari kernel Linux dan piranti lunak open source lain, sebagai sistem operasi.

Pada awalnya Android dirancang dengan fokus ke perangkat mobile berlayar sentuh seperti smartphone dan tablet. Dalam perjalanan waktu, Google juga mengembangkannya menjadi Android TV untuk televisi, Android Auto buat mobil, dan Wear OS di arloji. Selain itu varian dan modifikasi dari Android kini juga sudah diadopsi oleh konsol game, kamera digital, PC, dan perangkat elektronik lain.

Dalam prosesnya, selama 10 tahun eksistensi Android sebagai sistem operasi, sejumlah rilis besar sudah dilakukan Google. Android Pie (versi 9.0) menjadi yang teranyar setelah diperkenalkan pada 7 Maret 2018 lalu.

Dalam data Statista.com, sampai dengan Q2 2017 lalu Android mendominasi sistem operasi pada perangkat mobile -- dalam aspek penjualan kepada para pengguna.

Q2 2017 Android 87,8 persen

iOS 12,1 persen dan lain-lain 0,1 persen

Sebagai perbandingan, dalam data yang sama, Android cuma memiliki porsi 1,9 persen pada Q1 2009 lampau alias ketika di masa-masa awal era kelahirannya. Saat itu pasar masih dikuasai sistem operasi Symbian yang sangat dominan.

Q1 2009 Symbian 48,8 persen RIM 20,6 persen

iOS 10,5 persen Microsoft 10,1 persen Android 1,9 persen

Sumber : Detik

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page